Friday, March 25, 2016

cara menyembunyikan credit link template blog

Hampir semua template blog baik yang berplatform Blogger atau WordPress memiliki credit link yang terdapat dibagian footer blog atau bagian bawah dari halaman blog. Menghapus credit link template blog sama dengan menghapus hak milik dari pembuat template blog itu karena dengan menghapus credit link template blog sama juga tidak menghargai jerih payah dari pembuat template tersebut apalagi sampai mengganti credit link tersebut dengan mengatasnamakan diri sendiri, seakan-akan template tersebut merupakan hasil buatannya. Apakah menghapus credit link menyalahi aturan? Tentu saja sangat menyalahi aturan jika dari si pembuat template menyarankan atau tidak memperbolehkan untuk tidak menghapus credit link tersebut. Apapun alasannya, tidak boleh menghapus credit lenk secara sepihak kecuali sudah meminta izin untuk kepada si pembuat template tersebut untuk menghapus credit link yang ada. Namun berbeda jika template yang kita gunakan merupakan template premium karena hampir semua pembuat template yang menjual templatenya sehingga menjadikan template tersebut berbayar atau menjadi template premium sudah tidak mencantumkan credit link pada template atau kalau pun ada credit link yang terpasang maka pengguna template diperbolehkan untuk menghapus credit link tersebut


Jika menghapus credit link tidak diperbolehkan atau diperbolehkan sesuai dengan status dari template blog tersebut, apakah berbayar atau tidak. Bagaimana kalau credit link yang ada dibagaian bawah halaman blog (footer) tersebut disembunyikan? Bukankah cara tersebut masih wajar dilakukan? Karena pemasangan link credit template blog menurut saya sebenarnya hanyalah untuk memberikan tambahan backlink pada blog pembuat template tersebut sehingga dengan adanya backlink tersebut akan meningkatkan nilai dari blog si pembuat template sehingga mempengaruhi nilai SEO untuk blog tersebut. Nah benarkah seperti itu? Benarkah menyembunyikan credit link boleh dilakukan? Meski pada intinya pemasangan credit link untuk menambah porsi SEO dari link yang terpasang tersebut namun tujuan utama dari pemasangan credit link menurut saya adalah agar blogger lainnya yang tertarik dengan template blog tersebut mengetahui siapa pemilik template blog itu sebenarnya dan juga untuk mendapatkan referrer link sebagai trafik blog yang berasal dari berbagai IP sehingga mendatangkan visitor yang unik. Dengan begitu, jika pemasangan cedit link tersebut tidak di hapus, hal ini sebenarnya juga membantu penindeksan blog yang tetap membiarkan credit link tersebut tetap terpasang. Kenapa bisa membantu pengindeksan blog baru yang menggunakan template dengan credit link yang tetap terpasang?

Credit link merupakan suatu kredit link yang biasanya terletak pada bagian footer (bawah) pada sebuah template.

Biasanya credit link ada pada semua template creator, namun pada template yang gratis credit link biasanya dapat dihapus tanpa menimbulkan pengaruh apapun. Berbeda dengan credit link pada template yang premium/berbayar atau template free yang populer, biasanya menghapus credit link dapat membuat blog kita akan redirect/dialihkan ke blog yang terdapat pada credit link.

Credit link tempate berfungsi memberikan apresiasi kepada si pembuat template agar karyanya dapat diketahui dan diakui para pemakai. Namun beberapa blogger menganggap dengan adanya credit link membuat blognya kurang rapi, sehingga berusaha menghilangkan credit linknya.

Jika ingin menggunakan template premium tanpa credit link dapat dilakukan dengan cara membelinya kepada pembuatnya. Namun jika ingin menggunakan template premium tanpa credit link harus berusaha sedikit.

Sebelum lanjut ke cara menyembunyikan credit linknya, pastikan sobat telah memiliki aplikasi notepad++.
Berikut ini cara menyembunyikan credit link dan menghalangi redirect ke blog pada credit link.
Pertama, klik kanan pada template yang akan disembunyikan credit linknya, lalu pilih Open with notepad++.



Kemudian cari letak credit link yang akan disembunyikan, biasanya diawali dengan kata Copyright, Design by, Credit, Clone dan lainnya. Biasanya terletak dibawah.




Copykan kode dibawah ini setelah kode id='copy2', atur agar sesuai tergantung templatenya.
style='visibility:hidden'


Selesai!
Untuk memakainya silahkan simpan terlebih dahulu.

4 comments:
Write comments
  1. Terima kasih, sudah kuterapkan di blogku, ada tampilan yang mau kusembunyikan, untung ketemu tipnya disini

    ReplyDelete
  2. mas itu cara menghapus kotak contact us yang ada di pojok kanan bawah template techlife gmana y?

    ReplyDelete
  3. keren ini artinya.kalau menghapus credit link pakai android gimn gan.mohon bantuan nya aq cara tutorialnya di google gk ada yg pakai hp android

    ReplyDelete